Pemdes Netampin dan Kelompok Ketahanan Pangan dan Hewani Kelola Usaha Ternak Babi untuk Peningkatan Ketahanan Pangan

  • Jun 13, 2024
  • Nino Dewihatrianto
  • KETAHANAN PANGAN

Netampin, 13 Juni 2024 - Pemerintah Desa Netampin bersama dengan Kelompok Ketahanan Pangan dan Hewani, berkolaborasi dalam mengelola usaha ternak babi sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. Inisiatif ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi lokal dan menyediakan sumber protein hewani yang terjangkau dan berkelanjutan bagi warga desa, selain itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga desa melalui penjualan hasil ternak sehingga membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memberikan peluang usaha baru bagi warga setempat.

Kepala Desa Netampin, Hepido, menyatakan bahwa usaha ternak babi ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi seluruh masyarakat. "Usaha ternak babi ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan dan juga memberikan dampak ekonomi yang positif bagi warga desa," ujarnya.

Dengan adanya usaha ternak babi ini, diharapkan Desa Netampin dapat mencapai ketahanan pangan yang lebih baik, serta membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat. "Kami berharap usaha ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mengelola sumber daya lokal untuk ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

“Pemerintah Desa Netampin memberikan dukungan penuh dalam bentuk penyediaan lahan, bibit ternak, serta fasilitas dan peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak babi. Selain itu, Pemdes juga bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur untuk memberikan bimbingan teknis dan pendampingan kepada kelompok ternak”,tutupnya.

Kelompok Ketahanan Pangan dan Hewani, yang terdiri dari anggota masyarakat lokal yang peduli dengan ketahanan pangan, sebelumnya juga diberikan pelatihan mengenai teknik beternak babi yang baik dan berkelanjutan. Pelatihan ini meliputi aspek pemeliharaan, kesehatan ternak, serta pengelolaan pakan yang efektif.

Salah satu anggota Kelompok Ketahanan Pangan dan Hewani, menyampaikan, "Kami berkomitmen untuk menjalankan usaha ini dengan sebaik-baiknya. Dengan dukungan dari Pemdes dan pelatihan yang kami terima, kami optimis usaha ternak babi ini akan berhasil dan memberikan manfaat besar bagi desa kami."ujarnya

Inisiatif ini menunjukkan komitmen Pemdes Netampin dan masyarakat dalam membangun desa yang mandiri, sejahtera, dan berkelanjutan. Dengan kerja sama yang solid dan dukungan dari berbagai pihak, usaha ternak babi ini diharapkan dapat mencapai kesuksesan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi seluruh warga desa.