Aksi Bersama: Penanaman Pohon dan Pembersihan Sampah di Bendung Karau

  • Dec 01, 2023
  • Nino Dewihatrianto
  • GOTONG ROYONG

Netampin, 1 Desember 2023 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama Pemerintah Desa (PEMDES), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), RT, Kelembagaan, dan Petugas dari PU Perairan serta petugas Penjaga Bendung Karau bergotong-royong dalam aksi bersih-bersih dan penanaman pohon di sekitar Bendung Karau, Batu Putih, Desa Netampin.

Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi lintas sektor untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar Bendung Karau. Aksi ini diinisiasi oleh mahasiswa KKN dari Univesitas Palangka Raya (UPR) sebagai bagian dari kontribusi mereka untuk pembangunan dan kesejahteraan Desa Netampin.

Pada aksi pembersihan, warga desa, mahasiswa KKN, dan perwakilan dari berbagai lembaga saling bahu-membahu membersihkan area sekitar bendung dari sampah-sampah yang berserakan atau yang ditinggalkan oleh pengunjung di sekitar wilayah Bendung Karau. Selain itu, dilakukan juga penanaman beberapa jenis pohon.

Dalam kegiatan penanaman pohon, fokus diberikan pada wilayah yang membutuhkan peningkatan vegetasi. Pohon-pohon ditanam di tepian bendung untuk menjaga kestabilan tanah dan memberikan manfaat ekologis bagi lingkungan sekitar.

Hepido, Kepala Desa Netampin, mengapresiasi kerjasama antarlembaga dan partisipasi aktif warga dalam kegiatan ini. "Ini adalah contoh nyata kebersamaan kita dalam menjaga keindahan desa dan lingkungan kita. Saya berharap semangat gotong-royong seperti ini dapat terus kita jaga dan tingkatkan," ujarnya.

Ketua BPD, Ketua TP PKK, dan perwakilan dari PU Perairan juga menyampaikan dukungan dan komitmen untuk menjaga lingkungan sekitar bendung sebagai aset penting bagi kehidupan masyarakat Desa Netampin.

Melalui aksi bersama ini, diharapkan akan terbentuk kesadaran ekologis dan semangat gotong-royong yang berkelanjutan di Desa Netampin. Kebersihan dan kelestarian lingkungan menjadi investasi untuk masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.